Senin, 02 Mei 2016

INDONESIA TUMBUH ATAU INDONESIA TUMBANG




Jumlah penduduk Indonesia sangat besar dan masih akan terus bertambah. Apabila disesuaikan dengan laju pertumbuhan penduduk tahun 2010 yaitu 1,49, diperkirakan jumlah penduduk Indonesia tahun 2035 sebesar 343,96 juta jiwa. Jumlah ini akan terus bertambah dengan total fertility rate (TFR) yang stagnan dari tahun 2002 yaitu 2,6 yang artinya setiap pasangan suami istri mempunyai 2 atau 3 anak (Kuliah Umum Kepala BKKBN di Kampus Poltekkes Denpasar, 2015)
Pertambahan jumlah penduduk begitu cepat danmenimbulkan banyak permasalahan yang membentuk siklus. Permasalahan yang timbul diantaranya:  
1.   Berkurangnya lahan untuk tempat tinggal sehingga banyak sawah dan hutan dibabat untuk dijadikan perumahan. Padahal sawah merupakan tempat atau lahan untuk menanam padi agar dapat menghasilkan beras untuk dimakan sedangkan hutan merupakan pemasok oksigen tertinggi agar manusia bisa bernafas (paru-paru dunia).
2.    Kualitas penduduk Indonesia masih rendah terutama dalam aspek pendidikan dan kesehatan. Masih banyak penduduk yang hanya tamat sekolah dasar, bahkan tidak sedikit yang tidak bersekolah di wilayah pedesaan. Tingkat drop out sekolah setelah pendidikan dasar juga masih menjadi tantangan besar.
3.  Status kesehatan masyarakat juga masih rendah. Latar pendidikan masyarakat yang rendah menyebabkan persepsi tentang sehat dan sakit masyarakat sangat kurang. Masyarakat tidak bisa mandiri untuk menjaga kesehatannya. Selain itu karena memang biaya untuk mendapatkan layanan kesehatan sangat mahal. Tak jarang masyarakat di pedesaan harus menempuh jarak jauh untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dan tentunya dengan biaya akomodasi yang tidak murah. Hal ini menyebabkan masih tinggi angka kematian akibat terlambat mendapatkan pelayanan kesehatan.
4.  Masalah kemiskinan masih menjadi fokus pemerintah. Berdasarkan persentase, jumlah penduduk dibawah garis kemiskinan mengalami penurunan namun secara jumlah masih cukup besar terutama mereka yang tergolong hampir miskin (near poor). Terdapat pola pengeluaran rumah tangga keluarga miskin yang sangat tidak baik terutama mengenai persentase pendapatan dengan pengeluaran untuk rokok dan pulsa.
5.      Lapangan kerja semakin sempit dan masyarakat kalah bersaing. Ketika penduduk Indonesia  memasuki usia produktif maka lapangan kerja yang dibutuhkan semakin banyak untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal yang menjadi trend saat ini adalah meningkatnya jumlah migrasi dari desake kota untuk mencari lapangan pekerjaan sehingga penduduk yang tinggal di perkotaan semakin meningkat dan menyebabkanketidakseimbangan ekonomi akibatpersebaran penduduk yang tidak merata.Padahal penduduk yang bermigrasi tidak berbekal keterampilan yang mumpuni untuk mampu bersaing dalam pekerjaan. Tak jarang penduduk yang di kalangan anak muda yang migrasi ke kota tetap menjadi pengangguran. Remaja yang pengguran tentu tidak mempunyai target pasti akan hidupnya dan seringkali sangat dengat dengan perilaku berisiko seperti seks pranikah, merokok, minum-minuman keras danmenggunakan narkoba.
Ada begitu banyak permasalah yang timbul akibat pertambahan jumlah penduduk yang tak terkendali. Padahal Indonesia saat ini memiliki penduduk yang besar, sekitar 251 juta jiwa. Persentase penduduk usia produktif (penduduk usia 15-64 tahun) sekitar 44,98 persen. Proporsi penduduk usia produktif akan terus meningkat sampai sekitar tahun 2025. Secara demografis, besarnya proporsi penduduk usia produktif tersebut merupakan potensi bagi pembangunan. Karenanya dikatakan Indonesia sedang menikmati bonus demografi sampai dengan sekitar tahun 2025 (BKKBN,2013)
Bonus demografi adalah bonus atau peluang yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialaminya. Di Indonesia fenomena ini terjadi karena proses transisi demografi yang berkembang sejak beberapa tahun lalu dipercepat oleh keberhasilan penurunan tingkat fertilitas, meningkatkan kualitas kesehatan dan suksesnya program-program pembangunan sejak era Orde Baru hingga sekarang (BKKBN, 2013)
Berdasarkan hal tersebut seluruh sektor harus bekerja lebih keras lagi, pemerintah harus bekerja lebih keras lagi untuk mensosialisasikan setiap program yang ada, sehingga masyarakat Indonesia mendapat informasi yang benar dan paham. Tidak hanya berfokus pada penduduk perkotaan, tetapi juga menjangkau masyarakat di pedesaan. Masyarakat sebagai sasaran program juga memiliki peran sangat besar dalam memaksimalkan peluang bonus demografi mendatang.
Oleh karena itu, mari bersama-sama ikut serta pada setiap program pemerintah dalam upaya pengendalian jumlah penduduk dan peningkatan kualitas masyarakat seperti untuk program untuk remaja adalah pendewasaan usia perkawinan dimana usia sehat menikah minimal adalah 21 tahun untuk perempuan dan dan 25 tahun untuk laki-laki. Untuk pasangan suami istri dapat berpartisipasi dengan ikut serta dalam program keluarga berencana dan program penggunaan kontrasepsi jangka panjang seperti IUD, metode operasi wanita atau metode operasi pria. Terkendalinya jumlah penduduk maka kualitas penduduk terutama dalam pendidikan dan kesehatan dapat ditingkatkan sehingga negara Indonesia dapat tumbuh dan bersaing dengan dengara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar